MATERI JUJITSU-PORBIKAWA


Materi UMUM

Berisikan materi yang umumnya dimiliki oleh beladiri kebanyakan yaitu pukulan, tendangan, sikap, tangkisan, rangkaian gerak, teknik pemecahan benda keras, teknik jatuhan atau kami menyebutnya teknik perkelahian biasa. Teknik beladiri umum di ambil sepenuhnya dari materi original ISHIKAWA Karate. Dengan kata lain materi beladiri umum sama dengan teknik Karate pada umumnya.

Materi Khusus

Berisi materi yang tidak dipunyai oleh aliran lain terutama aliran Karate, kami menyebutnya dengan instilah “GREEP”. GREEP merupakan rangkaian gerak beladiri praktis yang sangat berbahaya bagi lawan. GREEP merupakan gerakan yang dipadu dari kelima beladiri yang sudah kami sebutkan dimuka ; Jiu Jitsu, Silat Tiongkok, Judo, Pencak Silat dan Karate. Dalam GREEP mengandung unsur bantingan, patahan tulang, totokan, perkelahian senjata, teknik bergumul, kuncian dan perkelahian curian. Inti dari GREEP adalah bagaimana dengan sekali gerakan kita bisa langsung mengalahkan lawan dengan cepat tanpa mengeluarkan banyak waktu dan tenaga. GREEP merupakan materi wajib bagi anggota PORBIKAWA, setiap anggota harus menguasai 50-100 GREEP tiap tingkat. Total GREEP yang harus dikuasai oleh anggota dari tingkat dasar sampai tingkat asisten pelatih adalah 350 GREEP.

Teknik GREEP bagi PORBIKAWA adalah teknik rahasia karena tingkat bahaya yang dikandungnya. Tingkat bahaya GREEP yang diterima anggota akan semakin bahaya dan mematikan seiring dengan semakin bertambahnya tingkat (sabuk). Dalam mempelajari GREEP seorang anggota harus mempunyai kesiapan mental yang bagus, karena dengan sifat teknik ini yang begitu keras dan berbahaya, tak jarang terjadi kecelakaan akibat kurang kontrol saat menerapkan GREEP pada sparring partner latihannya. Ini adalah contoh kecil resiko yang harus ditanggung waktu mempelajari beladiri aliran keras, tapi dengan kemampuan dan pengalaman pelatih, hal ini bisa diminimkan.

Tingkat dalam PORBIKAWA yang ditandai dengan sabuk, sama dengan aliran karate yang lain pada umumnya. Lama seorang anggota menyandang sabuk rata-rata juga sama dengan yang lain yaitu antara 6 sampai 12 bulan bahkan bisa lebih lama tergantung materi yang harus dikuasai. Yang membedakan dengan aliran karate yang lain sewaktu ujian kenaikan tingkat adalah adanya ujian GREEP, wajen dan rangkaian gerak menggunakan senjata. Selain itu tingkatan dalam PORBIKAWA juga dibagi menjadi 2 bagian tiap sabuknya.

Berikut perbedaan tingkatan sabuk POBIKAWA dengan aliran karate pada umumnya.


SABUK PORBIKAWA


SABUK ALIRAN KARATE LAIN

1. Sabuk Putih 1. Sabuk Putih
2. Sabuk Kuning I 2. Sabuk Kuning
3. Sabuk Kuning II 3. Sabuk Hijau
4. Sabuk Hijau I 4. Sabuk Biru
5. Sabuk Hijau II 5. Sabuk Coklat
6. Sabuk Biru I 6. Sabuk Hitam (Pelatih)
7. Sabuk Biru II 7. Sabuk Hitam DAN I
8. Sabuk Coklat 8. Sabuk Hitam DAN II
9. Sabuk Hitam (Pelatih) 9. Sabuk Hitam DAN III

0 komentar:

Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds